Monday, December 12, 2011


15 Cara Untuk Meminimalkan Biaya Produksi Perusahaan.

1.    Menurut salah satu perusahaan penerbangan di Amerika, perusahaan mereka menerapkan sistem terbang murah, dan terbang awal di pagi atau sore hari untuk menghindari penundaan lalu lintas udara dan pajak pendaratan lebih rendah.
2.    Rute yang dipermudah, menekankan perpindahan titik-ke-titik daripada pindah pesawat (membolehkan penggunaan pesawat dan pengurangan masalah mengenai penumpang atau barang bawaan yang tertunda dan tertinggal di penerbangan selanjutnya).
3.    Karyawan dengan berbagai pekerjaan, seperti pramugari yang juga membersihkan pesawat atau bekerja sebagai petugas gerbang (membatasi gaji perorangan).
4.    Makanan dalam penerbangan "gratis" dan layanan "cuma-cuma" dihapus, dan digantikan dengan pilihan makanan dan minuman yang dibayar (menghasilkan sumber keuntungan tambahan bagi maskapai).
5.    Sebuah cara harga biasa, seperti memberi setengah harga tiket searah daripada pulang-pergi (kadang-kadang harga naik, sehingga menuntut reservasi awal).
6.    Rentang waktu terbang yang cepat  dan penambahan jadwal terbang pesawat akan menambah keuntungan pesawat dan mengurangi biaya-biaya (membolehkan penggunaan pesawat secara maksimum).
7.    E-ticketing yaitu pemesanan tiket online akan mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
8.    Mempekerjakan tenaga kerja seminimal mungkin untuk dapat memberi kontribusi maksimal sesuai sasaran perusahaan.
9.    Perusahaan berupaya fokus menangani pekerjaan yang menjadi bisnis inti (core business), sedangkan pekerjaan penunjang diserahkan kepada pihak lain. Proses kegiatan ini dikenal dengan istilah “outsourcing.” Sehingga mengurangi biaya gaji terhadap karyawan jika bekerja tetap.
10. Bagi perusahaan telekomunikasi sebaiknya melakukan penambahan jaringan ke daerah-daerah dan merapkan tarif yang berbeda di setiap daerah.
11. Penjualan barang dan jasa melalui internet maupun sistem-sistem informasi dan jaringan lain, seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Enterprise Resource Planning (ERP) sehingga perusahaan dapat mengendalikan inventori-inventori secara lebih efektif, mengurangi biaya pembelian agen, dan meningkatkan siklus manufaktur serta mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses pengadaan barang/jasa, sehingga paket – paket proyek berjalan relatif lebih tepat waktu
12. Penggunaan fasilitas internet seperti facebook, website, blog serta fasilitas-fasilitas lainnya sebagai salah satu kemudahan dalam marketing produk perusahaan, ini akan mengurangi biaya perusahaan untuk iklan.
13. Sebagian perusahaan telah melakukan upaya untuk menekan biaya untuk pembiayaan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya melalui pihak ketiga seperti kerja sama dengan asuransi, rumah sakit atau juga membuat tempat pelayanan sendiri.
14. Dari hasil survey yang dilakukan Forrester Research, 43% perusahaan memangkas anggaran TI (teknologi informasi) dalam mengantisipasi krisis ekonomi, sementara 24% melakukan penundaan investasi. Adapun saran yang diajukan Dell antara lain adalah: “Optimalkan Infrastruktur yang Ada”, Memperbarui perangkat TI (teknologi informasi) membutuhkan biaya besar. Untuk itu, upgrade terhadap sistem biasanya cukup bermanfaat.
15. PT. RIM (BlackBerry) mendirikan perusahaannya di Malaysia karena di Indonesia dikenakan biaya pajak yang lebih tinggi, jadi untuk meminimalkan biaya untuk investasi perusahaan harus melakukan observasi terhadap tempat, jenis investasi, keuntungan, serta biaya yang akan dikeluarkan dan lain-lain.


Dan masih banyak lagi......!!!!

No comments:

Post a Comment